Sebanyak 15 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) akan dilantik hari ini (Minggu, 12 Februari 2023).
Pelantikan Pantarlih, untuk Desa Grobogan akan dipusatkan di Aula Kantor Desa Grobogan kecamatan.
Usai pelantikan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Bimtek Pantarlih yang akan dilakukan di Aula Kantor Desa Grobogan.
Masa kerja petugas Pantarlih dimulai 12 Februari hingga 15 maret . Sedangkan proses Coklit akan dimulai 12 Februari hingga 14 Maret.
Pantarlih merupakan badan ad hoc yang bertugas membantu Komisi Pemilihan Umum dalam menyelenggarakan Pemilu.
Pantarlih dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, setiap TPS Pemilu 2024 nanti akan memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU dalam cakupan kabupaten dan kota,” ungkap Ketua KPPS Desa Grobogan, Sunaryo, Minggu (12/02/2024).
Pak Sunaruo juga mengatakan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022, ada beberapa tugas Pantarlih Pemilu 2024.
Antara lain membantu KPU kabupaten/kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu.
Selain itu, petugas Pantarlih juga bertugas melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih serta menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS.
“Selain tugas tersebut Pantarlih juga bertugas melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, tutupnya.